Minggu, 18 Maret 2018


Proses Pembuatan Animasi

Ada dua proses pembuatan film animasi, di antaranya adalah secara konvensional dan digital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional. Tom Cardon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan. "Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit."[1] Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing dilakukan saat film masih dalam proses, tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi Jepang, sulih suara justru dilakukan setelah filmnya selesai dibuat.
Film animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambaryang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.

Software Animasi Blender
Software animasi merupakan software atau perangkat yang digunakan untuk keperluan membuat animasi. Sring dengan kemajuan teknologi softwar ini semakin canggih dan tenntunya telah mengubah dunia animasi
Software animasi dibagi menjadi 2 jenis yaitu software animasi untuk 2D dan 3D. sekarang yang akan kita bahas tentang animasi 3D.

Blender merupakan suatu software untuk membuat suatu grafik 3D dari pembuatan objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai game . Aplikasi pengolah grafis yang disdiakan scara gratis dan mudah digunakan baggi siapa saja yang ingin belajar 3D. jika kalian pernah menggunakan 3ds max, maka anda tidak akan kesulitan untuk menggunakan blnder karna tampilan dan tool yang disediakan hamper mirip dengan 3ds max.
Blender

Software blender tersedia untuk sebagian bsar flatfrom yang digunakan saat ini. anda dapat menjalankan software 3D ini di OS windows, MAC OS X , Linux


Spesifikasi yang diperlukan diantaranya :

·         32- bit dual core 2Ghz Cpu with SSE2 support
·         2 GB RAM
·         24 bits 1280 x 768 display
·         Mouse and trackpad
·         OpenGL compatible graphics card with 256 MB RAM

Blender sangat cocok digunakan oleh siapapun khususnya pengguna yang masih dalam level pemula dan menengah. Selain gratis tools yang disediakan juga sudah hamper menyamai 3ds Max.


Membuat Animasi Dengan Blender 3D
Kali ini saya akan menjelaskan langkah –langkah dalam membuat “Animasi Robot Berjalan” dengan menggunakan aplikasi blender yang saya dapatkan dari youtubeAplikasi Blender adalah aplikasi yang digunakan dalam pembuatan grafika Komputer 2D/3D terutama dalam pembuatan animasi.
Berikut langkah-langkah pembuatannya :
·         Buka aplikasi blender, berikut tampilan awal project :




·         *  Pada tampilan awal terlihat cube/ kubus, di sini cube akan menjadi kepala dari robot

·         *  Selanjutnya kita akan membuat badan robot, tarik kubus ke atas serah sumbu z, masuk ke edit          mode dan masuk ke face selection kemudian seleksi bagian bawah pada cube, Tekan E untuk tarik bagian yang terseleksi kedalam dan S untuk ukurannya, kemudian tekan E lagi dan tarik keluar sehingga terlihat seperti gambar berikut :


  • *  Sekarang kita akan membuat bagian tangan dan kaki pada robot, kita bagi dulu bagian pada tangan dan kaki dengan cara CTRL +  R dan Scroll ke atas/ bawah, setelah terbentuik bagian-bagian kita seleksi bagian yang akan dibuat, tekan E tarik kedalam kemudian E lagi tarik keluar sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini :


·         *  Selanjutnya kita akan membuat mata pada robot, tekan Shift + A pilih Metaball dan pilih ball kemudian atur letaknya pada robot.
·         *  Sekarang kita akan membuat tulang agar robot bisa digerakkan, tekan Shif + A pilih Armature dan pilih Single Bone, Kemudian duplikat bone,dan atur letaknya di dalam object dan sesuaikan dengan bentuk object, agar bone terlihat ceklis X ray pada Object data, Sehingga terlihat seperti gambar :



·         *  Langkah selanjutnya adalah menggabungkan tulang-tulangnya, seleksi objek kemudian tekan Shift +E , setelah itu seleksi tulangnya CTRL + P dan pilih Armeture Deform.
·         * Setelah Objek dan tulang bergabung kita akan coba menggerakkan tangan objek, tapi sebelumnya kita seleksi tulang tangan pada Pose Mode, setelah itu CTRL + P dan pilih Armeture Deform, kemudian tekan R dan gerakkan tangan, jika berhasil objek tangan akan mengikuti gerakan tulang seperti gambar :



·        *  Langkah selanjutnya adalah mewarnai objek, kita akan memberi warna pada hijau object tapi sebelumnya kita seleksi dulu object menjadi face ,kemudian pilih material, new material dan pilih warna, hasilnya seperti gambar di bawah ini :



·         Selanjutnya kita akan membuat objek bergerak, buat objek seperti berjalan kemudian atur framenya di dopesheet kemudian jalankan, hasilnya seperti gambar di bawah ini :


    
 Referensi :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar