Proses
Pembuatan Animasi
Ada
dua proses pembuatan film animasi, di antaranya adalah secara konvensional dan digital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang
cukup mahal, sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk
hal perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses
konvensional. Tom Cardon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan. "Perbaikan
secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara
digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit."[1] Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan
sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing dilakukan
saat film masih dalam proses, tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi
Jepang, sulih suara justru dilakukan setelah filmnya selesai dibuat.
Film
animasi, atau biasa
disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan
gambar tangan sehingga menjadi gambaryang bergerak. Pada
awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang
kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan
bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan
film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih
banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film
animasi 2 dimensi.
Wayang kulit merupakan
salah satu bentuk animasi tertua di dunia Bahkan ketika teknologi elektronik
dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua
elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
Software Animasi Blender
Software
animasi merupakan software atau perangkat yang digunakan untuk keperluan
membuat animasi. Sring dengan kemajuan teknologi softwar ini semakin canggih
dan tenntunya telah mengubah dunia animasi
Software animasi
dibagi menjadi 2 jenis yaitu software animasi untuk 2D dan 3D. sekarang yang
akan kita bahas tentang animasi 3D.
Blender
merupakan suatu software untuk membuat suatu grafik 3D dari pembuatan objek 3D,
pembuatan animasi 3D sampai game . Aplikasi pengolah grafis yang disdiakan
scara gratis dan mudah digunakan baggi siapa saja yang ingin belajar 3D. jika
kalian pernah menggunakan 3ds max, maka anda tidak akan kesulitan untuk
menggunakan blnder karna tampilan dan tool yang disediakan hamper mirip dengan
3ds max.
Blender
Software blender
tersedia untuk sebagian bsar flatfrom yang digunakan saat ini. anda dapat
menjalankan software 3D ini di OS windows, MAC OS X , Linux
Spesifikasi
yang diperlukan diantaranya :
·
32-
bit dual core 2Ghz Cpu with SSE2 support
·
2
GB RAM
·
24
bits 1280 x 768 display
·
Mouse
and trackpad
·
OpenGL
compatible graphics card with 256 MB RAM
Blender
sangat cocok digunakan oleh siapapun khususnya pengguna yang masih dalam level
pemula dan menengah. Selain gratis tools yang disediakan juga sudah hamper menyamai
3ds Max.
Membuat Animasi Dengan Blender 3D
Kali ini saya akan
menjelaskan langkah –langkah dalam membuat “Animasi Robot Berjalan” dengan
menggunakan aplikasi blender yang saya dapatkan dari youtubeAplikasi Blender
adalah aplikasi yang digunakan dalam pembuatan grafika Komputer 2D/3D terutama
dalam pembuatan animasi.
Berikut langkah-langkah
pembuatannya :
·
Buka aplikasi blender,
berikut tampilan awal project :
· * Pada tampilan awal
terlihat cube/ kubus, di sini cube akan menjadi kepala dari robot
· * Selanjutnya kita akan
membuat badan robot, tarik kubus ke atas serah sumbu z, masuk ke edit mode dan
masuk ke face selection kemudian seleksi bagian bawah pada cube, Tekan E untuk
tarik bagian yang terseleksi kedalam dan S untuk ukurannya, kemudian tekan E
lagi dan tarik keluar sehingga terlihat seperti gambar berikut :
- * Sekarang kita akan membuat bagian tangan dan kaki pada robot, kita bagi dulu bagian pada tangan dan kaki dengan cara CTRL + R dan Scroll ke atas/ bawah, setelah terbentuik bagian-bagian kita seleksi bagian yang akan dibuat, tekan E tarik kedalam kemudian E lagi tarik keluar sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini :
· * Selanjutnya kita akan
membuat mata pada robot, tekan Shift + A pilih Metaball dan pilih ball kemudian
atur letaknya pada robot.
· * Sekarang kita akan membuat
tulang agar robot bisa digerakkan, tekan Shif + A pilih Armature dan pilih
Single Bone, Kemudian duplikat bone,dan atur letaknya di dalam object dan
sesuaikan dengan bentuk object, agar bone terlihat ceklis X ray pada Object
data, Sehingga terlihat seperti gambar :
· * Langkah selanjutnya
adalah menggabungkan tulang-tulangnya, seleksi objek kemudian tekan Shift +E ,
setelah itu seleksi tulangnya CTRL + P dan pilih Armeture Deform.
· * Setelah Objek dan tulang
bergabung kita akan coba menggerakkan tangan objek, tapi sebelumnya kita
seleksi tulang tangan pada Pose Mode, setelah itu CTRL + P dan pilih Armeture
Deform, kemudian tekan R dan gerakkan tangan, jika berhasil objek tangan akan
mengikuti gerakan tulang seperti gambar :
· * Langkah selanjutnya
adalah mewarnai objek, kita akan memberi warna pada hijau object tapi
sebelumnya kita seleksi dulu object menjadi face ,kemudian pilih material, new
material dan pilih warna, hasilnya seperti gambar di bawah ini :
·
Selanjutnya kita akan
membuat objek bergerak, buat objek seperti berjalan kemudian atur framenya di
dopesheet kemudian jalankan, hasilnya seperti gambar di bawah ini :
-
https://harvinbilqisthy.wordpress.com/2015/10/30/membuat-animasi-robot-berjalan-menggunakan-blender/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar