Inovasi
Dibidang Bisnis
Pada kali
ini saya akan membahas inovasi dibidang perdagangan online yang dilakukan oleh
bukalapak.com
Keberhasilan
system perdagangan online (e-commerce) di Indonesia tidak lepas dari antusiasme
masyarakat Indonesia yang mendambakan sebuah keperaktisan dalam berbelanja,
bukalapak.com adalah salah satu took online terbaik tanah air yang hadir dengan
konssep produk yang lengkap dan kemudahan belanja online pesan antar., adalah
sebuah perjalananyang menabjubkan bagi bukalapak.com dan orang orang
dibelakangnya yang membuat bukalapak menjadi besar seperti sekarang ini.
Bukalapak
merupakan took online yang mengedepankan trust bagi pelanggan maupun supliernya.
Kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama bagi bukalapak.com. bukalapak terus
menawarkan promo promo menarik salah satunya untuk menarik customer membeli
produk yang dijual bukalapak
Bukalapak
didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun,
Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September
2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO
(Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology
Officer).
Setelah
berdiri kurang lebih setahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia
Incubator (perusahaan
gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese
Incubator dan Corfina Group). Di tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan
investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu.
Pada
bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500
Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari pemberitaan
tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi seluler
untuk Android.
Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut
diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam mengakses
lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone. Sejak pertama
kali diluncurkan sampai dengan 3 Juli 2014, applikasi tersebut telah didownload
oleh lebih dari 87 ribu user Bukalapak.
Walaupun
baru berdiri kurang lebih 3 tahun, Bukalapak memiliki reputasi yang baik dalam
hal customer service dan websitenya yang mudah untuk di akses. Bukalapak pun
seiring dengan berjalannya waktu, semakin berkembang dengan inovasi terbarunya
untuk mempermudah para pengguna Bukalapak untuk transaksinya.
Pada
25 Juni 2014 Bukalapak menambahkan fitur Quick Buy,
yaitu di mana pembeli tidak perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu
ketika akan membeli barang. Ketika muncul halaman, cukup isi data pembelian dan
pembeli memilih tab Beli
Tanpa Akun. Tahapan ini, pembeli cukup memasukkan email yang selalu aktif
dan detail alamat pengiriman barang. E-mail aktif tersebut nantinya digunakan
untuk mengirim tagihan pembayaran dan sebagai kontak untuk menghubungi pembeli
jika terjadi kesalahan saat transaksi. Oleh karena itu untuk email diharapkan
tidak salah dalam penulisannya, karena nantinya akan berpengaruh kepada
verifikasi transaksi anda.
Bukalapak
memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang
ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini
dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual
produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline. Untuk yang
telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya situs
tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.
Dari
laporan keuangan EMTEK tahun 2015 (pemilik 49% saham Bukalapak), diketahui
bahwa Bukalapak telah mendapatkan dana investasi dari EMTEK total hingga Rp 439
miliar. Namun sepanjang tahun 2015 Bukalapak tercatat masih merugi hingga Rp
229 miliar rupiah, dengan pemasukan Rp 6,4 miliar
Sistem Pembayaran
BukaDompet
Sistem
pembayaran transaksi yang dimiliki Bukalapak adalah jaminan keamanan transaksi
jual beli dalam sistem pembayaran yang dikenal juga dengan BukaDompet. Berbeda dengan
situs yang berkembang pada tahun 2000-an yang umumnya berupa iklan dan
memperbolehkan penjual dan pembeli untuk berkomunikasi secara langsung lewat
telepon, namun di Bukalapak, penjual dan pembeli tidak diperkenankan untuk
berkomunikasi secara langsung karena berpotensi terjadinya penipuan.
Dalam
hal ini Bukalapak akan menjadi pihak ketiga yang menengahi transaksi antara
penjual dan pembeli.
Proses Sistem Pembayaran Transaksi
Ketika calon pembeli ingin membeli
sebuah barang dari penjual di Bukalapak, maka pembeli harus melakukan transfer
pembayaran ke Bukalapak terlebih dahulu. Jika transfer telah berhasil,
Bukalapak akan memberi tahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh
Bukalapak dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan
pembeli melalui pesan sms. Ketika barang tiba di pembeli, pembeli melakukan
konfirmasi penerimaan barang kepada Bukalapak, dan Bukalapak akan melakukan
transfer uang pembelian kepada penjual. Dengan program jaminan ini, bila
pembeli tidak menerima barang sampai batas waktu tertentu, dana pembeli akan
dikembalikan 100% ke system buka dompet..
kesimpulan
Pada akhirnya sistem berbelanja online ini berguna sekali
bagi masyarakat yang tidak ada waktu untuk berbelanja di toko toko pada umumnya,
dari berkembangnya sistem perbelanjaan online yang canggih tersebut lahirlah
pula inovasi – inovasi lainnya yang memanfaatkan sistem keamanan tersebut,
seperti promo nego bukalapak serta promo yang sangat menarik.
Saya harap dengan adanya penganalisaan ini mengenai system penjualan
bukalapak masyarakat tidak perlu ribet untuk berbelanja . di sistem ini
menyediakan berbagai macam keperluan yang kita butuhkan
referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar